Kamis, 12 April 2018

PELINDO II BIDIK 35 PELABUHAN KECIL YANG DIKELOLA KEMENHUB

Share & Comment

Hong Kong -PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero) membidik 30-35 pelabuhan kecil yang ada di Indonesia Timur, yang dikelola Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Tujuannya mendukung pengembangan ‘tol laut’ yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
“Saya bilang ke pemerintah, project kasih ke saya tapi memang financial nggak viable tapi agar bisa jadi bagus, saya hanya minta garansi pemerintah sehingga saya bisa dapat loan yang bunga kurang dari 1% dengan tenor 30-40 tahun. Itu bisa terjadi,” ujar Direktur Utama PT Pelindo II (persero) RJ Lino, saat berbincang di Hotel JW Marriot, Menara ICC, Hong Kong, Jumat (26/6/2015).
Pelabuhan kecil tersebut akan menjadi pelabuhan penghubung menuju pelabuhan utama di Sorong yang baru dibangun. Untuk mendukung konsep tol laut, kawasan industri harus dibangun di kawasan Indonesia Timur seperti Papua dan Papua Barat. Sebetulnya, investor telah diuntungkan dengan beroperasinya angkutan kapal dari atau ke Indonesia Timur.
Selama ini, kapal yang balik dari Indonesia Timur membawa kontainer kosong ke Indonesia barat. Kontainer itu bisa dimanfaatkan bila ada kawasan industri baru.
“Justru itu opportunity jika ada infrastruktur listrik, ada air, tax insentif 10 tahun dan sebagainya. Orang bisa bikin pabrik di Indonesia Timur tidak terus bawa barang ke Jawa menggunakan kontainer kosong,” sebutnya.
Lino menambahkan, dalam membangun pelabuhan harus memiliki visi jangka panjang seperti hingga 100 tahun ke depan. Pelindo II belajar dari pembangunan pelabuhan yang hanya bersifat jangka pendek seperti pelabuhan di Bitung, Sulawesi Utara. Di Bitung, pelabuhan memiliki kedalaman laut atau draft yang ideal untuk kapal raksasa, namun akhirnya susah berkembang. Alasannya ialah lahan yang disiapkan sangat minim.
“Kita bicara Bitung. Itu pelabuhan yang sangat ideal secara nature. Tapi karena dulu bebasin lahan kecil yakni 20-30 hektar maka sekeliling sudah jadi kota maka sayang nggak bisa diapa-apakan,” kata kata Lino
Belajar dari kasus Pelabuhan Bitung, Pelindo II membuat konsep pelabuhan jangka panjang untuk pelabuhan baru seperti di Sorong, Papua Barat. Lahan yang disiapkan bisa mendukung pengembangan pelabuhan hingga periode 100 tahun.
“Sorong kita siapkan 7.500 hektar. Sorong punya draft minus 18 meter. Maka, Sorong kita siapkan untuk 100 tahun ke depan,” sebutnya.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

IPC LOGO

PT.AKSES PELABUHAN INDONESIA

Copyright © PT Akses Pelabuhan Indonesia